Sabtu, 29 September 2012

Logo Forum Klasika

Ini adalah logo dari Forum KLASIKA yang kami gagas bersama kawan-kawan. Secara tak sengaja, simbol bintang delapan yang menyatukan delapan bangunan segi empat telah digunakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora sejak pendiriannya tahun 1998. Dengan kata lain, logo Forum KLASIKA merupakan hasil elaborasi dari logo FAH itu sendiri. Saya kira ini tidak menjadi masalah karena Forum KLASIKA merupakan bagian dari FAH itu sendiri. Yang perlu dijelaskan adalah makna simbolis dan filosofis dari logo ini. Sampai saat ini tidak ada penjelasan resmi dari pihak fakultas tentang makna simbol itu secara filosofis. Kira-kira mempunyai maksud dan tujuan apa bentuk simbol seperti itu.

dengan konsekwensi akan ditertawakan orang lain dan mungkin dituduh sebagai plagiat, saya mencoba memberi makna atas simbol-simbol ini. Bintang merupakan salah satu sumber cahaya bagi alam. Meskipun bintang itu tampak kecil tetapi dia mampu memberi sinar kehidupan di dalam dunia kegelapan. Meskipun bintang tampak kecil, tetapi di sanalah keindahan itu terpancar. 

Sementara itu, rangkaian segi empat merupakan makna bahwa Fakultas Adab dan Humaniora akan tetap menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga. Hal ini juga melambangkan bahwa Fakultas Adab dan Humaniora akan senantiasa mencetak manusia-manusia yang berguna bagi orang lain dan masyarakat secara luas. Diharapkan, alumni Fakultas Adab dan Humaniora tidak memiliki sifaf dan sikap eksklusif, tetapi manusia inklusif, bersikap terbuka terhadap setiap perbedaan. 

Adapun bangunan segi empat bermakna bahwa civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora senantiasa menggunakan prinsip interdisliner dalam keilmuan. Mereka akan melihat berbagai dimensi, berbagai sudut pandang, dalam memecahkan suatu persoalan. Sesuatu masalah tidak akan dilihat dari mono-causality, tetapi dari beberapa segi. Begitu juga dengan keilmuan. Problem keilmuan akan lebih menarik bila ditinjau dari berbagai segi dan bersifat holistik. Dengan cara pandang seperti ini, maka alumni Fakultas Adab dan Humnaiora akan siap menerima perbedaan dan terbuka untuk menerima dialog dari orang lain.

Adapun warna hijau melambangkan keislaman. Fakultas Adab dan Humaniora sadar bahwa dia berada di lembaga yang mengemban amanah sebagai lembaga yang tidak semata-mata akademis, tetapi juga dakwah Islam. Hijau adalah lambang kedamaian, kesejukan, dan keharmonisan. Diharapkan, Faklutas Adab dan Humaniora akan senantiasa melahirkan manusia-manusia yang berkeadaban, memberi kedamaian dan kesejukan bagi setiap manusia dan makhluk lain, serta menjaga keharmonisan atas keseimbangan alam. Tentu saja semua tujuan ini selaras dengan misi Islam sebagai agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

Tulisan KLASIKA yang berada di bawah logo melambangkan bahwa forum ini merupakan bagian dari cita-cita luhur dari Fakultas Adab dan Humaniora. KLASIKA diharapkan dapat dijadikan sebuah wadah untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Adab dan Humaniora yang tinggi dan luhur itu. Adanya wadah ini akan memacu civitas akademika untuk selalu mengadakan diskusi dan kegiatan ilmiah lainnya.

Sementara itu, bingkai yang mengelilingri logo itu melambangkan bahwa untuk mewujudkan sebuah cita-cita luhur diperlukan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dari dalam Fakultas Adab dan Humaniora sendiri. Diperlukan sikap peduli dan saling membantu antara pimpinan, dosen, karyawan, dan dosen untuk merealisasikan sebuah kepentingan bersama yang bermanfaat bagi kehidupan.

Sebagai catatan akhir, pada kesempatan ini secara khusus kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Syarkowi, salah seorang mahasiswa kami. Atas bantuan dan kerja keras dia-lah logo ini dirancang dan disempurnakan. Dia rela untuk beberapa hari tidur di kampus hanya untuk menyelesaikan tugas yang barangkali "sepele" itu. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada sdr. Dody Irawan yang mengizinkan ruangan BEM sebagai tempat untuk mewujudkan logo itu. Semoga pengorbanan mereka berdua senantiasa mendapat ridla dari Allah dan dihitung sebagai amal kebaikan. Amin! (Nor Huda, pengelola).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar